Menteri PUPR Targetkan Tol Cisumdawu Selesai Sebelum Lebaran 2023

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

KabarRestorasi.com, Bandung - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, target pembangunan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, bisa diselesaikan pada 15 April 2023.

Menurut Basuki, Tol Cisumdawu itu hampir selesai pada akhir-akhir ini, tetapi ada peristiwa longsor di seksi 5B yang menyebabkan penyelesaian terhambat.

"Makanya kita ada perbaikan konstruksi," kata Basuki, dikutip dari antaranews, Senin (06/03/2023).

Dengan adanya bencana longsor tersebut, pembangunan jalan tol di ruas tersebut akan diubah menjadi jembatan, karena, hal itu untuk mempermudah arus mudik sebelum lebaran.

"Saya inginkan sebelum Lebaran bisa dipakai untuk mudik," ucapnya.

Baca Juga : Surya Paloh Merapat ke Prabowo Subianto

Sebelumnya,  Kementerian PUPR membangun Tol Cisumdawu yang terdiri dari enam seksi. Proyek itu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Sejauh ini, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022. Kemudian pembangunan fisik Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km sudah mencapai 94,7 persen.

Lalu Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen. Sedangkan untuk pembangunan Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km, Seksi 4A telah rampung sebesar 87,93 persen dan Seksi 4B telah sebesar 58 persen.

Untuk Seksi 5 Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 km, konstruksinya sudah rampung sebesar 60,9 persen di seksi 5A dan sebesar 63 persen di 5B. Dan yang terakhir Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, untuk 6A telah rampung sebesar 98,2 persen dan untuk 6B sudah rampung 100 persen.

Komentar


Berita Terkini